- See more at: http://blog.ahmadrifai.net/2010/08/cara-bikin-tulisan-berjalan-di-address.html#sthash.570MsoI8.dpuf

Pages

Senin, 04 Maret 2013

Struktur Organisasi BMT La Tansa Gontor

(Dwi Inaya Aryani)


1)      Direktur BMT La Tansa Gontor

A. Identitas Jabatan
Posisi dalam Organisasi: Di bawah Pimpinan Pondok; membawahi langsung Manager Operasional dan Manager Pemasaran.
B. Fungsi Utama Jabatan
1)      Memimpin BMT La Tansa Gontor di wilayah kerjanya sesuai dengan tujuan dan kebijakan umum yang telah ditentukan BMT La Tansa Gontor.
2)      Merencanakan, mengkoordinasikan dan mengendalikan seluruh aktivitas lembaga yang meliputi penghimpunan dana dari anggota dan lainnya serta penyaluran dana yang merupakan kegiatan utama lembaga serta kegiatan-kegiatan yang secara langsung berhubungan dengan aktivitas utama tersebut dalam upaya mencapai target.
3)      Melindungi dan menjaga asset perusahaan yang berada dalam tanggung jawabnya.
4)      Membina hubungan dengan anggota, calon anggota, dan pihak lain (customer) yang dilayani dengan tujuan untuk mengembangkan pelayanan yang lebih baik.
5)      Membina hubungan kerjasama eksternal dan internal, baik dengan para pembina koperasi setempat, badan usaha lainnya (Dep Kop UKM, INKOPSYAH, Dinas Pasar, Perusahaan Pengelola Pasar dan lain-lain) maupun secara internal dengan seluruh aparat pelaksana, demi meningkatkan produktifitas usaha.

C. Tanggung Jawab
1)      Menjabarkan kebijakan umum BMT La Tansa Gontor yang telah dibuat.
2)      Menyusun dan menghasilkan rancangan anggaran BMT La Tansa Gontor dan rencana jangka pendek, rencana jangka panjang, serta proyeksi (finansial maupun non financial).
3)      Menyetujui pembiayaan.
4)      Menginstruksikan tentang penambahan, pengangkatan, pemberhentian staff sesuai dengan kondisi dan kebutuhan BMT La Tansa Gontor.
5)      Mengelola dan mengawasi pengeluaran dan pemasukan biaya-biaya harian dan tercapainya target yang telah ditetapkan secara keseluruhan.
6)      Mengamankan harta kekayaan BMT La Tansa Gontor agar terlindungi dari bahaya kebakaran, pencurian, perampokan dan kerusakan, serta seluruh asset BMT La Tansa Gontor.
7)  Menandatangani dan menyetujui permohonan pembiayaan.
8)  Meningkatkan pendapatan dan menekan biaya serta mengawasi operasional.


D. Tugas-Tugas Pokok
1)      Menjabarkan kebijakan umum BMT La Tansa Gontor yang telah dibuat.
2)      Menyusun dan menghasilkan rancangan anggaran BMT La Tansa Gontor dan rencana jangka pendek, rencana jangka panjang, serta proyeksi (finansial maupun non finansial) kepada staff.
a) Bersama dengan Manager Operasional dan Manager Pemasaran memproyeksikan jumlah anggota yang dapat diraih untuk jangka panjang dan jangka pendek
b) Menentukan sasaran investasi jangka panjang dan jangka pendek.
c) Merencanakan dan menyusun rencana kerja jangka panjang 5 (lima) tahun dan jangka pendek 1 (satu) tahun.
3)      Menyetujui pembiayaan.
a) Meninjau jaminan dan usaha pemohon pembiayaan bersama dengan bagian pembiayaan.
b) Merekomendasi dan menandatangani permohonan pembiayaan.
c) Menyetujui permohonan pembiayaan.
d)Menandatangani akad perjanjian pembiayaan.
e) Memantau perjalanan pembiayaan setelah pencairan pembiayaan.
4)      Menginstruksikan penambahan, pengangkatan dan mempromosikan serta pemberhentian staff BMT La Tansa Gontor ke bagian pengasuhan,

5)      Mengelola dan mengawasi pengeluaran dan pemasukan biaya dan tercapainya target yang telah ditetapkan secara keseluruhan,
6)      Mengamankan harta kekayaan BMT La Tansa Gontor agar terlindungi dari bahaya.
7)      Meningkatkan pendapatan dan menekan biaya serta mengawasi operasional kantor,
a)      Mengacu pada rencana anggaran dengan menggali pendapatan dari bagi hasil, administrasi pembiayaan dan kegiatan operasional lainnya (Fee Base Income).
b)      Melakukan efisiensi dengan cara melakukan skala prioritas biaya.
c)      Pengawasan penggunaan biaya.

E. Wewenang
1)    Memimpin Rapat Komite untuk memberikan keputusan terhadap pengajuan pembiayaan.
2)    Menyetujui / menolak secara tertulis pengajuan rapat komite secara musyawarah dengan alasan-alasan yang jelas.
3)    Menyetujui / menolak pencairan dropping pembiayaan sesuai dengan batasan wewenang.
4)    Menyetujui pengeluaran uang untuk pembelian aktiva tetap sesuai dengan batas wewenang.
5)    Menyetujui pengeluaran uang untuk pengeluaran kas kecil dan biaya operasional lain sesuai dengan batas wewenang.
6)    Menyetujui / menolak penggunaan keuangan yang diajukan yang tidak melalui prosedur.
7)    Memberikan teguran dan sanksi atas pelanggaran yang dilakukan.
8)    Melakukan penilaian prestasi staff sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
9)    Mengadakan kerja sama dengan pihak lain untuk kepentingan lembaga dalam upaya mencapai target proyeksi dan tidak merugikan lembaga.
10)                        Memutuskan menolak atau menerima kerjasama dengan pihak lain dalam sesuai dengan kegiatan utama BMT La Tansa Gontor dengan alasan-alasan yang dapat diterima.


2)      Manager Operasional
A. Identitas Jabatan
Unit Kerja : Bagian Operasional
Posisi dalam Organisasi : Di bawah Direktur BMT La Tansa Gontor, sejajar Manager Pemasaran, membawahi seksi- Pembukuan/Akuntansi dan Costumer Service/Teller.

B. Fungsi Utama Jabatan
Merencanakan, mengarahkan, mengontrol serta mengevaluasi seluruh aktivitas dibidang operasional baik yang berhubungan dengan pihak internal maupun eksternal yang dapat meningkatkan profesionalisme BMT La Tansa Gontor khususnya dalam pelayanan terhadap mitra maupun anggota BMT La Tansa Gontor.

C. Tanggung Jawab
1)       Terselenggaranya pelayanan yang memuaskan (service excellence) kepada mitra/anggota BMT La Tansa Gontor.
2)       Terevaluasi dan terselesaikannya seluruh permasalahan yang ada dalam operasional BMT La Tansa Gontor.
3)       Terbitnya laporan keuangan, laporan perkembangan pembiayaan dan laporan mengenai penghimpunan dana secara lengkap, akurat dan sah baik harian, bulanan ataupun sesuai dengan periode yang dibutuhkan.
4)       Terarsipkannya seluruh dokumen-dokumen keuangan, dokumen lembaga, dokumen pembiayaan serta dokumen penting lainnya.
5)       Terarsipkannya surat masuk dan keluar serta notulasi rapat manajemen dan rapat operasional.
6)       Terselenggaranya seluruh aktivitas rumah tangga BMT La Tansa Gontor.

D. Tugas-Tugas Pokok
1)        Terselenggaranya pelayanan yang memuaskan (service excellence) kepada mitra/ anggota BMT La Tansa Gontor.
a)                   Melakukan pengawasan terhadap pekerjaan staff costumer service atas pelayanan yang diberikan kepada anggota BMT La Tansa Gontor.
b)                  Memberikan masukan dan arahan pada hal-hal yang berkenaan dengan pelayanan untuk meningkatkan kualitas pelayanan terhadap anggota
c)                   Memperhatikan masukan serta keluhan anggota atas pelayanan BMT La Tansa Gontor dan membahasnya pada tingkat rapat operasional untuk mendapatkan jalan keluar.
d)                  Menyelesaikan sesegera mungkin apabila ada kasus yang berkaitan dengan anggota
2)        Terevaluasi dan terselesaikannya seluruh permasalahan yang ada dalam operasional BMT La Tansa Gontor.
a)                   Mengagendakan dan memimpin rapat operasional bulanan untuk membahas rencana kerja operasional, terget kerja dan evaluasi secara keseluruhan serta permasalahan-permasalahan yang terjadi pada bagian operasional
b)                  Mendokumentasikan hasil rapat bulanan sebagai bahan rujukan atas aktivitas selanjutnya
c)                   Melakukan kontrol terhadap kesepakatan dan keputusan yang diambil dalam rapat.
3)        Terbitnya laporan keuangan, laporan perkembangan pembiayaan dan laporan mengenai penghimpunan dana secara lengkap, akurat dan sah baik harian, bulanan maupun sesuai dengan periode yang dibutuhkan
a)      Memeriksa laporan harian, bulanan dan mengesahkannya (otorisasi)
b)      Memeriksa laporan mengenai perkembangan pembiayaan, tingkat kelancaran pembiayaan (kolektibilitas) dan laporan mengenai anggota yang bermasalah.
c)      Membuat dan mengirimkan laporan keuangan BMT La Tansa Gontor atas persetujuan Direktur BMT La Tansa Gontor kepada pihak-pihak yang berkepentingan
d)     Terarsipkannya seluruh dokumen-dokumen keuangan, dokumen lembaga, dokumen pembiayaan serta dokumen penting lainnya
e)      Mengatur dan mengawasi sistem pengarsipan seluruh bagian operasional
f)       Menyimpan dokumen lembaga serta menjaga keamanannya seperti: akte pendirian lembaga, laporan-laporan pajak, Surat Keputusan, Memorandum, SE, SK, Berita Acara, Surat-surat perjanjian kerjasama dan lain-lain
g)      Membuat mekanisme/sistem peminjaman untuk dokumen-dokumen berharga bila dibutuhkan
h)      Mengkaji sistem pengarsipan yang telah ada dalam upaya penyempurnaan
4)        Terarsipkannya surat masuk dan keluar serta notulasi rapat manajemen dan rapat operasional
a)      Memberikan nomor surat keluar serta mengarsipkannya
b)      Menerima surat masuk dan memberikan informasi kepada pihak-pihak yang berkepentingan mengenai perihal surat
c)      Menunjuk salah satu staf operasional untuk menjadi notulen dalam rapat manajemen ataupun operasional
d)     Mendistribusikan hasil rapat kepada pihak-pihak terkait
e)      Mengarsipkan hasil notulen rapat sesuai dengan tempatnya

5)    Terselenggaranya seluruh aktivitas rumah tangga BMT La Tansa Gontor.
a)      Melakukan perencanaan anggaran rumah tangga BMT La Tansa Gontor dan mengajukannya kepada Direktur BMT La Tansa Gontor.
b)      Melakukan evaluasi, kontrol dan upaya-upaya penghematan apabila terjadi hal-hal yang di luar kebiasaan (pembengkakan biaya operasional)
c)      Melakukan pengawasan atas pembayaran kewajiban setiap akhir bulan seperti pembayaran rekening pajak, listrik, telepon dan lain-lain

      6) Terselenggaranya absensi kehadiran staff,
a)      Membuat jadwal setiap akhir semester
b)      Melakukan kontrol (sebagai penyelia) atas kehadiran staff

E. Wewenang
1)    Mengeluarkan biaya operasional rutin dalam batas wewenang
2)    Mengajukan biaya operasional dan kebutuhan lain yang dibutuhkan untuk mendukung pekerjaan di bidang operasional kepada Direktur BMT La Tansa Gontor untuk dipertimbangkan
3)    Menyetujui pengeluaran kas untuk penarikan tabungan dalam batas wewenang
4)    Melakukan kontrol terhadap kehadiran staff
5)    Memeriksa seluruh laporan dalam bidang operasional
6)    Menegur staff bidang operasional apabila bekerja tidak sesuai dengan prosedur yang berlaku
7)    Memberikan masukan dan membantu bagian operasional lainnya yang memerlukan bantuan, dalam kapasitasnya sebagai Manager Operasional.

3)      Manager Marketing

A. Identitas Jabatan:
Unit Kerja : Bagian Pemasaran
Posisi dalam Organisasi : Di bawah Direktur BMT La Tansa Gontor, sejajar Manager Operasional. Membawahi seksi-seksi Staf Marketing dan Debt Collector.

B. Fungsi Utama Jabatan:
Merencanakan, mengarahkan serta mengevaluasi target financing dan funding serta memastikan strategi yang digunakan sudah tepat dalam upaya mencapai sasaran termasuk dalam menyelesaikan pembiayaan bermasalah

C. Tanggung Jawab:

1)        Tercapainya target pemasaran baik funding, financing maupun collecting.
2)        Terselenggaranya rapat pemasaran dan terselesaikan permasalahan di tingkat pemasaran.
3)        Menilai dan mengevaluasi kinerja bagian pemasaran.
4)        Bertanggung jawab dalam proses pengajuan pembiayaan dan melakukan penilaian terhadap potensi pasar dan pengembangan pasar serta proses penyelesaian pembiayaan bermasalah.
5)        Pengarsipan bukti Nota Debet dan Nota Kredit.

D. Tugas-Tugas Pokok:

    1) Tercapainya target pemasaran baik funding maupun financing:
a)      Membuat target-target yang ingin dicapai dengan melihat kapasitas staff yang ada.
b)      Melakukan pemantauan terhadap hasil yang dicapai staff sesuai dengan target yang diberikan.
c)      Melakukan evaluasi terhadap hasil yang dicapai staff atas yang diberikan.
d)     Memberikan masukan dan perbaikan jika diperlukan.

2)        Terselenggaranya rapat bagian pemasaran dan terselesaikannya permasalahan di tingkat pemasaran:
a)      Membuat jadwal rutin rapat pemasaran dan memastikan agenda-agenda yang penting untuk dibahas.
b)      Memastikan seluruh bahan rapat sudah tersedia dan lengkap (data, daftar masalah, dan lain-lain).
c)      Memimpin rapat.
d)     Memastikan diperoleh jalan keluar dalam membahas masalah pada akhir rapat.
e)      Memastikan notulasi rapat dibuat dan terdokumentasi dengan baik.

     3) Menilai dan mengevaluasi kinerja bagian pemasaran.
a)                   Menciptakan alat kontrol untuk memudahkan penilaian kinerja bagian pemasaran.
b)                  Bertanggung jawab dalam proses pengajuan pembiayaan.
c)                   Melakukan penilaian terhadap potensi pasar dan pengembangan pasar.
d)                  Menerima dari bagian staff marketing berkas pengajuan pembiayaan (daftar pengajuan pembiayaan, analisis pembiayaan dari bagian pembiayaan dan kelengkapan syarat administrasi yang mungkin diperlukan, seperti: KTP, KK, surat izin suami /istri, surat atas jaminan dan lain-lain).
e)                   Memeriksa kelengkapan dan kebenaran berkas pengajuan pembiayaan anggota dan mendiskusikan dengan baik.
f)                   Secara berkala dan terencana melakukan kunjungan pasar untuk melihat potensi-potensi yang perlu dikembangkan.
g)                  Bersama dengan Direktur BMT La Tansa Gontor membicarakan peluang-peluang pasar yang ada dan kemungkinan pengembangannya.
h)                  Menerima daftar pembiayaan anggota yang bermasalah (kurang lancar, diragukan dan macet) dari bagian staff debt collector.
i)                    Memeriksa daftar pembiayaan bermasalah apakah benar telah memenuhi kriteria pembiayaan bermasalah dan menandatangani sebagai tanda persetujuan.
j)                    Menyerahkannya kembali daftar pembiayaan bermasalah kepada Staf Marketing dan Debt Collector serta melaporkannya pada Direktur BMT La Tansa Gontor.
     4) Pengarsipan bukti Nota Debet dan Nota Kredit:
a)                   Menerima data dari bagian pembiayaan (nota debet/nota kredit), pemasangan plafond, perpanjangan plafond, pelunasan plafond, order dari bagian pembiayaan untuk perubahan bagi hasil/jatuh tempo/perubahan plafond.
b)                  Mendata Komputer
c)                   Menyimpan bukti ND dan NK.




E. Wewenang:

1)        Memberi usulan untuk pengembangan pasar, potensi bisnis dan strategi-strategi lainnya yang berhubungan dengan bisnis existing, peluang bisnis dan penyelesaian pembiayaan bermasalah kepada Direktur BMT La Tansa Gontor.
2)        Menentukan target funding, financing dan penyelesaian pembiayaan bermasalah bersama dengan Direktur BMT La Tansa Gontor.
3)        Memimpin dan menentukan agenda rapat pemasaran.
4)                  Melakukan penilaian terhadap Staf Pemasaran (AO/FO) dan Staf Penagihan (RO).

4)      Teller
A. Identitas Jabatan
Unit Kerja : Bagian Operasional
Posisi dalam Organisasi : Di bawah Manager Operasional

B. Fungsi Utama Jabatan
Merencanakan dan melaksanakan seluruh transaksi yang sifatnya tunai

C. Tanggung Jawab
1)    Mengelola fisik kas dan terjaganya keamanan kas
2)    Terselesaikannya laporan kas harian
3)    Tersedianya laporan arus kas pada akhir bulan untuk keperluan evaluasi
4)    Menerima setoran dan penarikan tabungan serta simpanan berjangka
5)    Menerima angsuran pembiayaan dan merealisasikan seluruh pembiayaan yang ada.
6)    Bertanggung jawab atas hilangnya uang di kas teller.

D. Tugas-Tugas Pokok
1)        Mengelola fisik kas dan terjaganya keamanan kas
a)                       Melakukan penghitungan kas pada pagi dan siang hari saat akan dimulainya hari kerja dan akhirnya hari kerja yang harus disaksikan oleh petugas yang berwenang
b)                       Meneliti setiap keaslian uang masuk agar terhindar dari uang palsu
c)                       Menjaga ruang dari pihak-pihak yang tidak berkepentingan
d)                      Mengarsipkan laporan pada tempat yang aman
e)                       Melakukan cross check antara slip dengan laporan teller/buku besar.
    2) Terselesaikannya laporan kas harian
a)      Menerima dan mengeluarkan transaksi tunai sesuai dengan batas wewenang
b)      Melakukan pengesahan pada bukti transaksi baik paraf maupun validasi
c)      Menyusun bukti-bukti transaksi keluar dan masuk serta memberikan nomor bukti
d)     Membuat rekapitulasi transaksi masuk dan keluar serta meminta validasi dari pihak yang berwenang

     3) Tersedianya laporan arus kas pada akhir bulan untuk keperluan evaluasi
a)      Membuat laporan kas masuk dan keluar pada setiap akhir bulan untuk setiap akun-akun yang penting
b)      Meminta pengesahan laporan arus kas dari yang berwenang sebagai laporan yang sah
    4) Menerima setoran dan penarikan tabungan
a)                       Memeriksa kelengkapan dan kebenaran pengisian slip setoran (dalam slip setoran harus tertera nilai uang dalam bentuk angka dan huruf dengan nilai yang sama, pengisian slip harus ditulis dengan jelas)
b)                       Membubuhkan stempel pada slip setelah dimasukkan ke dalam komputer.
c)                       Menyerahkan copy slip setoran kepada anggota, sebagai bukti penerimaan setoran
d)                      Menyerahkan semua slip setoran kepada bagian akuntan setelah tutup jam kas.
e)                       Menerima dan memeriksa slip penarikan, dan penerimaan pada buku simpanan anggota
f)                        Memeriksa dan membubuhkan paraf tanda persetujuan di slip penarikan kemudian menyerahkan kembali kepada bagian akuntan.
g)                       Mencatat jumlah setoran dan penarikan tabungan pada buku tabungan

E. Wewenang
1)        Menerima transaksi tunai dari transaksi-transaksi yang terjadi di BMT La Tansa Gontor
2)        Memegang kas tunai sesuai dengan kebijakan yang ada
3)        Mengeluarkan transaksi tunai pada batas nominal yang diberikan atau atas persetujuan yang berwenang
4)        Menolak pengeluaran kas apabila tidak ada bukti-bukti pendukung yang kuat

5)      Akuntansi/Pembukuan
A. Identitas Jabatan
Unit Kerja : Bagian Operasional
Posisi dalam Organisasi : Di bawah Manager Operasional

B. Fungsi Utama Jabatan:
Mengelola administrasi keuangan hingga ke pelaporan keuangan

C. Tanggung Jawab:
1)                  Pembuatan laporan keuangan.
2)      Pengarsipan laporan keuangan dan berkas-berkas yang berkaitan secara langsung dengan keuangan.
3)      Menyiapkan laporan-laporan untuk keperluan analisis keuangan lembaga.
4)      Pengeluaran dan penyimpanan uang dari dan ke brankas.
5)      Menyiapkan saldo awal
6)      Menganalisa jumlah tabungan, pembiayaan dan deposito.
7)      Menerima pengajuan anggaran pembelanjaan dari staff marketing
8)      Menerima laporan hasil belanja dari staff marketing
9)      Mengarsipkan anggaran dan laporan belanja dari staff marketing.


D. Tugas-Tugas Pokok:
1)    Pembuatan laporan keuangan:
a)      Menagih laporan keuangan harian meliputi neraca, arus kas dan laba rugi dari teller
b)      Membuat laporan keuangan akhir bulan, arus kas dan buku besar.
c)      Menyediakan data-data yang dibutuhkan untuk kebutuhan analisis lembaga.
2)    Pengarsipan laporan keuangan dan berkas-berkas yang berkaitan secara langsung dengan keuangan:
a)      Mengarsipkan seluruh berkas keuangan sesuai dengan kebijakan pengarsipan yang digunakan.
b)      Menjaga keamanan arsip dan memastikan bahwa seluruh arsip terjaga keamanannya dengan baik.
3)    Menyediakan data-data yang dibutuhkan untuk kebutuhan analisis lembaga:
a)      Membuat perincian biaya dan pendapatan bulanan.
b)      Melakukan analisis khususnya untuk biaya operasional menyangkut dengan tingkat efisiensi .
       4) Pengeluaran dan penyimpanan uang dari dan ke brankas (sebagai petugas alternatif/petugas pengganti):
a)      Serah terima brankas dari Manager Operasional.
b)      Pengeluaran uang pagi hari, pada saat jam kerja.
c)      Penyimpanan uang pada saat jam kerja dan pada saat sore hari.

E. Wewenang:
1)    Mengarsipkan dan mengamankan bukti-bukti pembukuan / transaksi.
2)    Meminta kelengkapan administrasi pada pertanggungjawaban keuangan.
3)    Tidak memberikan berkas/arsip kepada pihak-pihak yang tidak berkepentingan.
4)    Menerbitkan laporan keuangan atas persetujuan Direktur BMT La Tansa Gontor untuk keperluan publikasi.
5)    Meminta laporan harian yang terdiri dari neraca dan laba rugi.
6)    Meminta laporan data penunggak kepada debt collector
7)    Meminta laporan hasil belanja berbentuk file dan print out kepada staff marketing.
8)    Menginstruksikan kepada staff operasional dan marketing untuk memprint out kan   kartu tabungan setiap minggunya.

6)      Staf Marketing
A. Identitas Jabatan
Unit Kerja : Bagian Marketing
Posisi dalam Organisasi : Di bawah Manager Marketing

B. Fungsi Utama Jabatan:
1)    Melayani pengajuan pembiayaan, melakukan analisis kelayakan serta memberikan rekomendasi atas pengajuan pembiayaan sesuai dengan hasil analisis yang telah dilakukan.
2)    Melayani permohonan penyimpanan dana (tabungan & deposito) dengan bekerja sama dengan bagian Costumer Service.
3)    Melakukan sosialisasi seluruh produk BMT La Tansa Gontor dan melakukan upaya kerjasama atau sindikasi dengan pihak/lembaga lainnya.
4)    Menyediakan barang pesanan anggota BMT La Tansa Gontor.
5)    Menulis data pesanan pada white board

C. Tanggung Jawab:
1)    Memastikan seluruh pengajuan pembiayaan telah diproses sesuai dengan proses yang sebenarnya.
2)    Memastikan analisis pembiayaan telah dilakukan dengan tepat dan lengkap sesuai dengan kebutuhan dan mempresentasikan dalam rapat staff BMT La Tansa Gontor.
3)    Memastikan proses penyimpanan dana telah dilakukan dengan tepat dan lengkap serta sesuai dengan sistem dan prosedur yang dimiliki.
4)    Membantu terselesaikannya pembiayaan bermasalah dengan bekerja sama kepada staff debt collector.
5)    Melihat peluang dan potensi pasar yang ada dalam upaya pengembangan pasar (funding dan financing).
6)    Melakukan survey atas ketepatan alokasi dana untuk anggota BMT La Tansa Gontor.
7)    Menulis anggaran belanja dan laporan hasil belanja kepada staff akuntan dalam bentuk file dan print out beserta kwitansinya.



D. Tugas-Tugas Pokok:
1)      Memastikan seluruh pengajuan pembiayaan telah diproses sesuai dengan proses yang sebenarnya:
a)      Melayani pengajuan pembiayaan dan memberikan penjelasan mengenai produk pembiayaan.
b)      Melakukan pengumpulan informasi mengenai calon mitra melalui kegiatan wawancara dan on the spot (kunjungan lapangan) baik tempat usaha maupun jaminannya.
c)      Mengupayakan kelengkapan syarat yang dibutuhkan dari calon mitra
d)     Membubuhkan tanda tangan pada formulir proses pembiayaan..
2)      Memastikan analisis pembiayaan telah dilakukan dengan tepat dan lengkap sesuai dengan kebutuhan dan mempresentasikan dalam musyawarah komite:
a)    Membuat analisis pembiayaan secara tertulis dari hasil wawancara dan kunjungan lapangan, bekerjasama dengan staff debt collector dengan melihat sikon..
b)   Memberikan penjelasan secara jelas dan lengkap atas pertanyaan dan saran peserta komite.
3)      Membantu terselesaikannya pembiayaan bermasalah:
a)    Melakukan analisis bersama Manager Marketing dan Staf Debt Collector atas pembiayaan-pembiayaan yang bermasalah.
b)   Membantu proses penyelesaian pembiayaan bermasalah.
4)      Melihat peluang dan potensi yang ada dalam upaya pengembangan pasar:
a)    Menghimpun data-data harga barang yang relevan dengan kebutuhan untuk pengembangan pasar.
b)   Melakukan langkah-langkah secara terencana dan terkoordinasi dengan Manager Marketing dan Staff Marketing lainnya dalam kaitannya dengan pengembangan pasar.
5)      Melakukan monitoring atas ketepatan alokasi dana serta ketepatan angsuran pembiayaan mitra:
a)      Melakukan monitoring pasca dropping, untuk melihat ketepatan alokasi dana dalam produk mudhorobah.
b)      Melakukan monitoring terhadap angsuran pembiayaan.
c)      Melakukan peringatan baik secara lisan (Telepon dan kunjungan) maupun secara tertulis (SMS dan surat) dari Administrasi Pembiayaan atas keterlambatan angsuran mitra bekerjasama dengan debt collector.

E. Wewenang:
1)      Memberi usulan untuk pengembangan pasar kepada Manajer BMT La Tansa Gontor.
2)      Menentukan target funding dan financing bersama dengan Manajer BMT La Tansa Gontor.
3)      Melakukan koordinasi dengan Staf Debt Collector untuk target penyelesaian pembiayaan bermasalah.
4)       

7.      Staf Debt Collector
A. Identitas Jabatan
Unit Kerja : Marketing
Posisi dalam Organisasi : Di bawah Manager Marketing
B. Fungsi Utama Jabatan:
1)        Melakukan penagihan terhadap angsuran/pembayaran pembiayaan baik untuk mitra usaha yang tidak bermasalah maupun yang bermasalah.
2)        Memberikan jalan keluar dan langkah-langkah penyelesaian bagi mitra usaha yang bermasalah serta melakukan tindakan penarikan, penyitaan, penjualan jaminan dan lain-lain yang berhubungan dengan aspek hukum.
3)        Melelang barang jaminan sesuai dengan aspek hukum.

C. Tanggung Jawab:
1)        Memastikan angsuran yang harus ditagih sesuai dengan waktunya.
2)        Memastikan tidak ada selisih antara dana yang ditagih dengan dana yang disetorkan ke BMT La Tansa Gontor.
3)        Menyelesaikan pembiayaan yang bermasalah.
4)        Memeriksa barang jaminan anggota BMT La Tansa Gontor.
5)        Mendata jumlah anggota pembiayaan.
6)        Melakukan peringatan terhadap anggota yang bermasalah.
7)        Melakukan survey lapangan sebelum terjadinya realisasi pembiayaan.

D. Tugas-Tugas Pokok:
1)        Memastikan angsuran yang harus ditagih sesuai dengan waktunya:
a)      Membuat rencana/jadwal penagihan harian, mingguan dan bulanan.
b)      Menyiapkan peralatan administrasi yang dibutuhkan untuk menagih angsuran pembiayaan.
2)        Memastikan tidak ada selisih antara dana yang ditagih dengan dana yang disetorkan ke BMT La Tansa Gontor:
a)      Menghitung seluruh uang yang ditagih.
b)      Membuat daftar riwayat angsuran seluruh mitra yang menyetorkan uangnya.
c)      Menyerahkannya kepada Teller, dan memastikan seluruh setoran tidak ada yang tertinggal dan tidak terjadi selisih antara catatan dengan uang yang diserahkan.
3)        Membantu memberikan jalan keluar dan solusi bagi anggota yang bermasalah, melakukan penjualan jaminan, dan upaya-upaya lainnya baik secara kekeluargaan maupun hukum yang berlaku.
4)        Memeriksa barang jaminan anggota BMT La Tansa Gontor.


5)        Mendata jumlah anggota pembiayaan.
a)                                           Menyita barang jaminan bagi anggota yang bermasalah
b)                                          Mendata jumlah nasabah secara keseluruhan
c)                                           Mendata jumlah anggota bermasalah
6)        Melakukan peringatan terhadap anggota yang bermasalah.
a)  Melakukan peringatan harian via sms
b) Melakukan peringatan mingguan via telepon
c)  Melakukan peringatan bulanan berupa kunjungan.
7)    Melakukan survey lapangan sebelum terjadinya realisasi pembiayaan dengan bekerjasama dengan staff marketing.

E. Wewenang:
1)    Menerima setoran dana atas nama BMT La Tansa Gontor terhadap anggota pembiayaan maupun anggota penabung (sesuai dengan kebijakan yang ada).
2)    Melakukan tindakan-tindakan yang berhubungan dengan aspek hukum terhadap anggota yang bermasalah.

 

1 komentar:

  1. saya, ingin bertanya. Omset dari BMT tersebut berapa pertahunnya,,,,?
    dan pengaruh bagi peminat penduduk daerah tersebut apakah meningkat setiap tahunnya? terimakasih

    BalasHapus