- See more at: http://blog.ahmadrifai.net/2010/08/cara-bikin-tulisan-berjalan-di-address.html#sthash.570MsoI8.dpuf

Pages

Sabtu, 02 Maret 2013

A. Struktur Organisasi BPRS Bumi Rinjani Malang

(Reshandi Ade Zein)
A.    Tugas dan Tanggung Jawab Bagian-bagian di BPRS Bumi Rinjani Malang
Tugas dan Tanggung Jawab tiap bagian di BPRS Bumi Rinjani Malang
1.    Dewan Pengawas Syariah
a)      Mengawasi dan Mengevaluasi sistem Operasional dan produk-produk bank dan tidak menyalahi konsep syariah Islam serta memberi keputusan atas produk baru
b)      Membantu bagian marketing dalam merancang produk-produk yang sesuai dengan syariah Islam
c)      Mengadakan pertemuan minimal sebulan sekali dengan dewan komisaris dan direksi untuk membahas hal-hal yang berkaitan dengan perkembangan operasional Bank
d)     Membantu direksi dalam mengoperasikan Bank sesuai dengan syariah Islam
2.    Dewan Komisaris
a)      Mempertimbangkan, menyempurnakan dan mewakili para pemegang saham dalam memutuskan perumusan umum kebijaksanaan Bank
b)      Menyelenggarakan rapat umum luar biasa para pemegang saham dalam pembebasan tugas dan kewajiban direksi
c)      Mempertimbangkan dan menyetujui rancangan anggran perusahaan dan rancangan kerja
d)     Menyetujui semua hal yang dapat menyangkut perubahan-perubahan modal dan pembagiaan laba

3.    Dewan Direksi
a)      Menetapkan, memutuskan dan menyetujui serta memerintah pembayaran dalam rangka relisasi pemberian pembiayaan/ jual beli kepada calon nasabah
b)      Mengadakan penilaian atas analisa pembiayaan jual beli
c)      Bertanggung Jawab kepada komisaris tentang kekayaan Bank
d)     Bertanggung jawab penuh atas wewenang yang diberikan dalaam menjalan usaha Bank
e)      Memantau petugas/ pejabat bank yang ditunjuk telah melakukan pemantauan terhadap pelaksanaan Kebijakan Prinsip mengenal Nasabah
f)       Mengadakan Pertemuan minimal sebulan sekali denga  Dewan Pengawas Syariah dan Dewan Komisaris
g)      Melakukan analisis atas laporan transaksi yang mencurigakan
4.    Kepala Bagian Operasional
a)      Membantu terlaksananya tugas direksi dan bagian lainnya
b)      Melakukan pemeriksaan terhadap transaksi yang sesuai dengan ketentuan perusahaan
c)      Bertanggung Jawab atas penyimpanan surat-surat berharga
d)     Melakukan analisis atas laporan transaksi yang mencurigakan
e)      Menyusun laporan transaksi yang mencurigakan untuk disampaikan kepada Bank Indonesia
5.    Teller
a)      Memberikan layanan kepada nasabah secara tepat, cermat, dan ramah
b)      Mengatur dan bertanggung jawab atas dana kasa yang tersedia, dan surat-surt berharga lainnya
c)      Bertanggung jawab atas keseimbangan saldo akhir
d)     Mengatur dan menyimpan pengeluaran uang berdasarkan tarikan tunai dari nasabah
e)      Mennadatangani formulir-formulir serta slip setoran tunai dari nasabah
6.    Customer Service
a)      Menerima dan memberikan pelayanan baik terhadap setiap calon nasabah
b)      Melayani debitur yang akan mengangsur atau melunasi pinjamannya dengan ramah tamah dan baik
c)      Bertanggung jawab atas kebenaran perhitungan bagi hasil pembiayaan
d)     Mengadministrasikan setiap transaksi pembiayaan ke kartu pembiayaan  serta merekapitulasinya
e)      Membuat laporan pembentukan pendapatan bagi hasil setiap akhir bulan dan membuat jurnalnya
f)       Membuat daftar pengawasan pembayaran dan daftar tunggakan untuk setiap AO, Direksi, atau waktu pada setiap dibutuhkan
g)      Membuat surat pemberitahuan atau peringatan pembiayaan yang akan jatuh tempo
7.    Accounting
a)      Mengontrol slip-slip transaksi dari kasir dan dari semua yang menginput data
b)      Menghitung pendapatan dan keuntungan bagi hasil pada akhir tiap bulan
c)      Membuat laporan keuangan dan mutasi hrian
d)     Mencetak daftar transaksi harian rekapitulasi rekening per akhir bulan
e)      Membuat laporan bulanan, BMPK, dana pihak ketiga, dan sebagainya
f)       Memeriksa dan menyimpan bukti-bukti transaksi harian kepada direksi
g)      Membuat laporan semesteran, tahunan, dan publikasi
h)      Melaporkan laporan keuangan (neraca, laba rugi) harian kepada direksi
8.    Kepala Bagian Pemasaran
a)      Mengawasi dan mengordinir bagian-bagian di bawahnya
b)      Memantau perkembangan nasabah pembiayaan
c)      Membantu terlaksananya tugas Direksi di bagian Marketing
d)     Mengkaji ulang atas program kerja di bidang pembiayaaan
e)      Mencari sumber dana
f)       Melakukan survey dan analisa yang mengajukan pembiayaan
g)      Menjaga hubungan baik dengan reditur dan debitur
9.    Account Officer
a)      Melayani nasabah di wilayah masing-masing, baik nasabah tabungan, deposito, maupun nasabah pembiayaan
b)      Mencari sumber dana dengan melihat kemungkinan dan peluang dana murah yang dapat dihimpun dari masyarakat
c)      Mencari calon debitur/kreditur yang potensial
d)     Menjaga hubungan baik dengan kreditur dan debitur
e)      Mengetahui dengan pasti bahwa produk atau jasa yang telah diberikan bank kepada nasabahnya telah memenuhi kebutuhan
10.              Legal/Umum
a)      Menyiapkan dokumen pembiayaan, perpanjangan, atau perubahan jaminan
b)      Meneliti keabsahan dan menerima serta menanda tangani bukti tanda terima barang jaminan
c)      Melaksanakan pengikatan pembiayaan untuk ditanda tangani debitur maupun direksi
d)     Melaksanakan review kepada setiap pembiayaan yang telah diberikan
e)      Membuat berita acara yang berkaitan dengan pembiayaan
f)       Mengadministrasikan realisasi pembiayaan, perpanjangan pembiayaan/ perubahan jaminan ke dlam buku register pembiayaan
g)      Menyimpan dan mengadministrasikan dokumen pembinaan pembiayaan yang telah diperiksa oleh komisaris
h)      Melayani dan menyiapkan untuk kebutuhan debitur/karyawan yang berkaitan dengan dokumen pembiayaan
i)        Menyiapakan berita acara yang berkaitan dengan pembiayaan

0 komentar:

Posting Komentar