- See more at: http://blog.ahmadrifai.net/2010/08/cara-bikin-tulisan-berjalan-di-address.html#sthash.570MsoI8.dpuf

Pages

Kamis, 28 Februari 2013

Struktur Organisasi Bank Syariah Mega Medan

(Carina Niekma)

Uraian Tugas

1.    Manager
Tugasnya :
a.       Bertanggung jawab atas pencapaian budget yang telah ditetapkan perusahaan
b.      Bertanggung jawab mengatur / merencanakan semua hubungan bank dengan nasabah maupun calon nasabah yang ditanda tanganinya sertamempunyai perencanaan dan strategi pemasaran yang jelas sesuai dengan visi dan misi perusahaan serta mengidentifikasikan peluang bisnis yang dapat dikembangkan.
c.       Mengkoordinasikan dan membimbing para marketing officer untuk bekerja optimal, efektif, efisien dan sesuai dengan kualifikasi yang dimilki dan juga memonitor pelaksanaan pemberian kredit agar sesuai dengan kebijaksanaan perusahaan.
d.      Membuat pemetaan (map out) area pemasaran dan membagi zona penjualan ke masing-masing accounyt officer.

2.    Staff Audit (Operational Officer)
Tugasnya :
a.       Memeriksa tiket-tiket transaksi operasional
b.      Memeriksa adanya selisih pembukuan
c.       Menyusun laporan rekonsiliasi secara dua mingguan

3.    Staff Administrasi (Loan Admint)
Tugasnya :
a.       Melakukan entry data dan upgating modul pembiyaan
b.      Melakukan updata kartu pembiayaan
c.       Melakukan perencanaan saldo pembiayaan menurut modul pembiayaan
d.      Mencetak dana tunggakan pembiyaan sesuai dengan permintaan pemimpin atau marketing


4.    Staff Remedial (Relationship Officer)
Tugasnya :
a.       Membuat daftar kunjungan nasabah dan daftar penagihan harian
b.      Menjaga hubungan baik dengan nasabah, untuk kelancaran pembayaran pembayaran kredit pinjamannya
c.       Memberikan rekomendasi kepada unit manager untuk nasabah-nasabah lancar yang akan diberikan fasilitas pinjaman tambahan (Top up)
d.      Melakukan penagihan terhadap nasabah bermasalah, sesuai account yang dibagikan untuk nasabah yang keterlambatan pembayarannya 1- 15 hari.

5.    Field Collector, ada 2
Tugasnya :
a.       Melakukan penagihan terhadap nasabah bermasalah,sesuai account yang dibagikan
b.      Melakukan proses penyelamatan pembiayaan, reschulduling, restrukturisasi, hapus buku dan sebagainya
c.       Membuat surat teguran atas kelalaian pembayaran
d.      Melengkapi dokumen yang diperlukan sesuai ketentuan prinsip mengenal nasabah

Front hand
Tugasnya : Keterlambatan pembayaran antara 15- 120 hari

Back hand
Tugasnya : Keterlambatan pembayaran antara 120-150 hari

6.    Staff Marketing (Account Officer)
Tugasnya :
a.       Membuat usulan kepada unit manager tentang pembiayaan yang akan dibiayai
b.      Mengelola portofolio pembiayaan nasabah
c.       Menerima dan mencatat permohonan pembiayaan
d.      Memandu nasabah menyusun permohonan pembiayaan
e.       Mengevaluasi kelayakan pemberian pembiayaan
f.       Menangani komplain para nasabah.
g.      Melakukan monitoring kelancaran pembiayaan nasabah account masingmasing
h.      Memfollow up kelengkapan data nasabah yang dibutuhkan sesuai prinsip mengenal nasabah.

7.    Financing Officer (FIO)
Tugasnya :
a.       Melakukan proses kredit sesuai dengan kebijakan kredit
b.      Melakukan pengchek-an terhadap pendaftaran formulir aplikasi permohonan kredit.
c.       Melakukan penyelidikan informasinegatif calon debitur.
d.      Mempersiapkan dokumen pengikatan
Mematuhi prosedur dan kebijakan kredit SEMM

0 komentar:

Posting Komentar