(Carina Niekma)
1.
Manager
Tugasnya
:
a. Bertanggung
jawab atas pencapaian budget yang telah ditetapkan perusahaan
b. Bertanggung
jawab mengatur / merencanakan semua hubungan bank dengan nasabah maupun calon
nasabah yang ditanda tanganinya sertamempunyai perencanaan dan strategi
pemasaran yang jelas sesuai dengan visi dan misi perusahaan serta mengidentifikasikan
peluang bisnis yang dapat dikembangkan.
c. Mengkoordinasikan
dan membimbing para marketing officer untuk bekerja optimal, efektif, efisien
dan sesuai dengan kualifikasi yang dimilki dan juga memonitor pelaksanaan
pemberian kredit agar sesuai dengan kebijaksanaan perusahaan.
d. Membuat
pemetaan (map out) area pemasaran dan membagi zona penjualan ke masing-masing
accounyt officer.
2.
Staff
Audit (Operational Officer)
Tugasnya
:
a. Memeriksa
tiket-tiket transaksi operasional
b. Memeriksa
adanya selisih pembukuan
3.
Staff
Administrasi (Loan Admint)
Tugasnya :
a. Melakukan
entry data dan upgating modul pembiyaan
b. Melakukan
updata kartu pembiayaan
c. Melakukan
perencanaan saldo pembiayaan menurut modul pembiayaan
d. Mencetak
dana tunggakan pembiyaan sesuai dengan permintaan pemimpin atau marketing
4.
Staff
Remedial (Relationship Officer)
Tugasnya
:
a. Membuat
daftar kunjungan nasabah dan daftar penagihan harian
b. Menjaga
hubungan baik dengan nasabah, untuk kelancaran pembayaran pembayaran kredit
pinjamannya
c. Memberikan
rekomendasi kepada unit manager untuk nasabah-nasabah lancar yang akan diberikan
fasilitas pinjaman tambahan (Top up)
d. Melakukan
penagihan terhadap nasabah bermasalah, sesuai account yang dibagikan untuk
nasabah yang keterlambatan pembayarannya 1- 15 hari.
5.
Field
Collector, ada 2
Tugasnya
:
a. Melakukan
penagihan terhadap nasabah bermasalah,sesuai account yang dibagikan
b. Melakukan
proses penyelamatan pembiayaan, reschulduling, restrukturisasi, hapus buku dan
sebagainya
c. Membuat
surat teguran atas kelalaian pembayaran
d. Melengkapi
dokumen yang diperlukan sesuai ketentuan prinsip mengenal nasabah
Front
hand
Tugasnya
: Keterlambatan pembayaran antara 15- 120 hari
Back
hand
Tugasnya
: Keterlambatan pembayaran antara 120-150 hari
6.
Staff
Marketing (Account Officer)
Tugasnya
:
a. Membuat
usulan kepada unit manager tentang pembiayaan yang akan dibiayai
b. Mengelola
portofolio pembiayaan nasabah
c. Menerima
dan mencatat permohonan pembiayaan
d. Memandu
nasabah menyusun permohonan pembiayaan
e. Mengevaluasi
kelayakan pemberian pembiayaan
f. Menangani
komplain para nasabah.
g. Melakukan
monitoring kelancaran pembiayaan nasabah account masingmasing
h. Memfollow
up kelengkapan data nasabah yang dibutuhkan sesuai prinsip mengenal nasabah.
7.
Financing
Officer (FIO)
Tugasnya
:
a. Melakukan
proses kredit sesuai dengan kebijakan kredit
b. Melakukan
pengchek-an terhadap pendaftaran formulir aplikasi permohonan kredit.
c. Melakukan
penyelidikan informasinegatif calon debitur.
d. Mempersiapkan
dokumen pengikatan
Mematuhi prosedur dan
kebijakan kredit SEMM
0 komentar:
Posting Komentar